PDA

View Full Version : [Ask] Cara Nyembuhin Cantengan T.T



itsMeBramZ
06-23-2008, 01:00 PM
sesuai judul topik..

ada yg tau gk cara" atau tips" bwt nyembuhin cantengan.. -hiks-

cz,gw udh 1 bln cantengan kgk sembuh"

dah gw kompres pk revanol sama gw ksh betadin gk sembuh" jg
-hiks-

HELEP yHA

-L-Clea-
06-23-2008, 01:30 PM
cantengan ituh penyakid apa? -inno-

-Fairy-Antz-
06-23-2008, 01:31 PM
Tips dan Cara Mencegah, Mengatasi & Mengobati Kuku Cantengan / Luka Bengkak pada Kuku Kaki dan Tangan

Jika anda memiliki masalah pada kuku jari kaki maupun tangan anda di mana terdapat luka pada sela-sela kuku dengan kulit jari kaki atau tangan anda jangan biarkan hal ini berkelanjutan. Biasanya luka tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat sepanjang waktu dan bahkan sepanjang hidup anda jika tidak segera diobati.

Cantengan adalah disebabkan oleh pertumbuhan kuku baik pada jari jempol atau pun jari lainnya yang kurang baik sehingga menusuk kulit halus di samping kuku tersebut sehingga menimbulkan luka. Luka tersebut biasanya akan membengkak karena terinteksi oleh kotoran dan kuman-kuman di sekitarnya. Lambat laun luka tersebut akan terasa sangat sakit yang dapat merusak konsentrasi bahkan kepercayaan diri anda dapat terganggu.

Cara mengatasi dan mengobati cantengan adalah melenyapkan bagian kuku yang menancap baik pada jempol maupun jari lain di kaki dan tangan anda. Cara menghilangkan kuku yang menusuk kulit bisa anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain seperti dokter atau kerabat anda. Pastikan alat yang anda gunakan steril dan aman digunakan seperti silet, duntung kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan anda. Setelah memotong bagian kuku yang menancap anda bisa obati luka yang ada seperti biasa.

Sebelum memulai anda harus siap secara mental dahulu karena akan terasa sangat sakit sekali yang mungkin bisa berhari-hari serta mengeluarkan sedikit darah dan nanah. Namun rasa sakit itu akan terbayar dengan jari anda menjadi normal kembali. Pikirkanlah dahulu teknik yang anda akan gunakan. Dalam proses tersebut mungkin akan memakan waktu lama, karena mungkin kuku yang menancap terdapat pada lokasi yang dalam dan anda harus berusaha ekstra keras dengan tambahan rasa sakit. Jadi biasakanlah dengan rasa sakit yang ada dengan sambil memikirkan masa depan yang cerah menanti anda.

Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil anda angkat dan singkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak seta luka baru yang mungkin anda buat ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.

Untuk pencegahan pastikan anda memotong kuku anda dengan baik dengan tidak meinggalkan pola potongan yang tajam dan berpotensi menimbulkan cantengan pada jari tangan maupun kaki yang baru. Bila sakit berlanjut saya sangat sarankan hubungi dokter. Jika tidak mampu datanglah ke puskesmas karena jauh lebih murah daripada dokter umum.

Tambahan :
- Jika rasa sakit tidak tertahankan sebaiknya minum pereda nyeri
- Teknik ini sudah ditemukan dan dicoba oleh tetangga dan berhasil
- Tidak ada jaminan tips ini berhasil pada anda
- Semoga lekas sembuh

-happy-

Butterfly
06-23-2008, 04:36 PM
ktny klo gamau kna cantengan jangan potong kuku tll k sampng,,
coz memicu pertumbuhan abnormal kuku yang menekan kulit.
so..jgn xtrim" klo gunting kuku,,klo mulai cantengan, gunting kukunya(sebelum terlalu nusuk kulit)

-Emris-F~Chione-
06-23-2008, 04:44 PM
kalo misal nya ada luka di dlm kuku nya t'masuk cantengan juga?
ato maksud nya kuku nya nusuk ke kulit?

Aulli1st~
06-23-2008, 06:34 PM
aku cuma dioles betadine doang sembuh tuh -joker-

-VanZ-
06-23-2008, 07:45 PM
cantengan ituh penyakid apa? -inno-


ternyata bukan hanya saya yang tak tau cantangen ^^

DMaCz-XiaoLing
06-23-2008, 09:41 PM
cantengan tuh kencing kodok ya? -inno-

-Fairy-Antz-
06-24-2008, 01:44 AM
Cantengan itu............. ^^ baca yg diatas aja cc ^^

ada resep tradisional nih:
Cuci 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan 2 kemiri. Lumatkan dan beri garam dapur. Tempelkan pada kuku yang bengkak, balut. Ganti sehari 2 kali, pagi dan sore.

semoga bermanfaat

-happy-

-VanZ-
06-24-2008, 07:56 AM
swt =.="

itu resep masakan =.="

-Fairy-Antz-
06-24-2008, 08:03 AM
Emang ada yah yang suka cantengan goreng?
ihhh.........

btw itu resep trdisional mayan manjur loh, apalagi yg takut da dokter
trus kuku bisa lepas dengan sendirinya ^^
entar tumbuh lagi dengan cantiknya

-happy-

-VanZ-
06-24-2008, 08:05 AM
swt...

tuh kuku ****t???

kok jadi serem...

=.="

-Fairy-Antz-
06-24-2008, 08:07 AM
swt...tuh kuku ****t???
kok jadi serem...=.="


aduh mas...... ga baca postingan yang atas?
Cantengan itu penyakit mas, jangan-jangan di kira makanan ^^

-happy-

-VanZ-
06-24-2008, 08:08 AM
iya tw...

tapi kok ngobatin nya pake kuku di ****t =.="

itsMeBramZ
06-24-2008, 08:14 AM
wew cc

makasih iah dah ngasih tips nya...

tp serem jg c klo kuku ampe ****t..

5 thn yg lalu masalahnya gw pernah kuku gw ****t..

cantengan jg gara"nya -hiks-

mau kasih karma + tp lo isa nih...

-Fairy-Antz-
06-24-2008, 08:20 AM
Aku ga peduli dengan karma postif dan negatif koq
asal bs berguna dan membantu yang membacanya
aku dah merasa senang ^^

Kalo gitu pake resep tradisional aja,
apalagi punya ketagihan penyakit cantengan
sebaiknya perhatikan ujung kuku juga, kalau sempat
ketika akan tidur rendam kaki dan tangan air hangat yg di tetesi larutan PK
atau paling mudah ya air hangat dengan diberi garam sedikit

Semoga dapat mengurangi Cantengannya

-happy-

Cara™
06-24-2008, 09:11 AM
kalau nyembuhin kuku yang memar gimana

memarnya sampai hitam -hiks-

ga tau nyembuhinnya gmana, habisnya kukunya ga knapa2, cuma memar merah aja trus lama2 hitam -hiks-

itsMeBramZ
06-24-2008, 09:17 AM
wew cc stylish knp tuh kakinya..

dlu pernah salah urat atau keseleo x jd kek gtu...

@fairy antz
owh gtu yah....

bkn ketagihan lg ini cc..

udah jd langganan d kaki saya ini -hiks-

-Fairy-Antz-
06-24-2008, 09:22 AM
kalau nyembuhin kuku yang memar gimana
memarnya sampai hitam -hiks-
ga tau nyembuhinnya gmana, habisnya kukunya ga knapa2, cuma memar merah aja trus lama2 hitam -hiks-


Kalo itu sih gpp kalo ga sakit. Keknya ada beberapa masalah kuku yang acapkali mengganggu penampilan jemari kita, di antaranya adalah Bruised nails atau kuku memar. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya pembekuan darah di bawah lapisan kuku (nail plate), yang terjadi karena luka atau memar pada alas kuku (nail bed). Bentuk serta warnanya sangat bervariasi, mulai dari maroon hingga kehitaman. Kuku memar ini akan hilang dengan sendirinya jika pembekuan darah kembali normal, atau 'disamarkan' dengan cat kuku.

Kalo berasa sakit, ya perawatannya spt kuku yang Cantengan, gitu cc

-happy-

Minchie
06-24-2008, 09:34 AM
Wah" cc Lia mank pinter bgt...
Pengetahuan na luas... -shock-

-Fairy-Antz-
06-25-2008, 04:59 AM
@fairy antz
owh gtu yah....
bkn ketagihan lg ini cc..
udah jd langganan d kaki saya ini -hiks-


Cantengan yang terus menerus kamu alami menurut aku karena konstruksi kuku jempol kaki kamu memang beresiko mengalami cantengan. Saran aku sih rajin aja menggunting kuku dengan benar dan bersih serta segera diobati jika terasa nyeri. Jangan menggunakan sepatu yang sempit. Jika terjadi cantengan, mintalah pertolongan dokter terdekat.

Oh ya mungkin cara mengguinting kuku kamu salah?
Menggunting kuku yang tidak sempurna sampai ke kedua pinggir kuku. Akibatnya kuku di bagian ini lebih panjang dan terus bertambah panjang. Pinggir kuku yang lebih panjang ini suatu saat akan menusuk kedua sisi daging jempol kaki di depannya. Daging jempol kaki lebih cepat tertusuk jika memakai sepatu yang sempit. Jempol dan tepinya tertekan ujung sepatu sehingga kuku yang terbenam di pinggiran kuku menusuk daging pada kedua tepi jempolnya. Tusukan ini sering menimbulkan cantengan.

Agar peristiwa ini tidak terjadi, kuku jempol kaki harus rutin dipotong sampai sapatada kedua pinggirnya. Setelah dipotong kedua pinggir kuku ini dikorek/dibersihkan dengan bantuan pisau lipat atau pisau di gunting kuku. Sehabis menggunting kuku olesi dengan alkohol 70% untuk mencegah infeksi. Jika sehari sehabis menggunting kuku jari jempol terasa nyeri, mungkin ini gejala awal akan terjadi cantengan. Agar gejala tidak memburuk dan segera menghilang, maka berikan salep antibiotika dan minumlah antibiotika.

Selamat mencoba yah......
semoga terbebas dari ketagihan cantengan ^^

-happy-

El-KhawariTz-Corp
06-25-2008, 11:03 AM
Cantengan penyakit yg berbahayakan tapi d sayangi ~

Orng cantengan biasanya ::

" Ahhhh... gw kesel bgt nih cantengan mlu , ( padahal dy sndiri yg jalannya gk pake mata )" -happy-

( Tp kadang" suka disayangi ) " Ehhh...awasss !!! cantengan gw ntar keinjek" -grr- -grr-

itsMeBramZ
06-25-2008, 11:20 AM
awkwaokwa

bener jg ente

(@_@)

-Fairy-Antz-
06-25-2008, 11:28 AM
hehehe......
brb ngakak ampe guling2

-happy-

itsMeBramZ
06-25-2008, 11:43 AM
awas hati cc..

tar kakinya ke pentok tembok ataw apalah..

jd cantengan lg

(@.@)

-Fairy-Antz-
06-25-2008, 11:59 AM
Ga koq........
lom pernah cantengan dan moga2 ga pernah deh
kan sdh dirawat ^^

kalo memar sih sering, didiemin aja lama-lama kan ilank
ada noda item dibawah kuku sih,
cuek aja lagi^^
ga mengganggu koq
malah kek hiasan gitu

-happy-

bLacK_VodKa
06-25-2008, 12:07 PM
wew cc lia dah kyk dokter kuku aja.. -shock-

kuku lu knapa bram?? masa langganan cantengan ..

brarti ketauan gk bisa ngerawat kuku ..

makanya rajin pedicure sama manicure donk kyk eke.. -inno-

itsMeBramZ
06-25-2008, 12:25 PM
yailah adi..

kgk liat jdul ape..?

dah jelas" cantengan -confuse-

awkawokawok

tau dah yg sering ke salon -joker-

-Fairy-Antz-
06-25-2008, 12:32 PM
di humz juga bisa
ga harus ke salon
ihh..... genit

aku aja paling malay [baca: males] ke salon
lamanyaaa itu...!!
mending kalo bole bawa gameboy
apa bawa PS sekalian

-happy-

GIRL~Princess
06-25-2008, 11:10 PM
ooo namanya cantengan to yang kek gitu.
temen ku ada tu, ampe di operasi jempolnya.
et dah, serem..

bLacK_VodKa
06-26-2008, 09:11 AM
wah blm terlalu serem itu cc ..

untung aja tmn nya gk smpe di amputasi -swt-

thuw bram .. manicure - pedicure kan bisa di rmh

makanya jgn jd pemalas .. klo dah cantengan kan repot -confuse-

eh tp klo motong kuku terlalu pendek bisa jd cantengan jg gk si? -_-a

itsMeBramZ
06-26-2008, 09:57 AM
udah dii..

jgn sok"an nasegatin gw dah..
-joker-

ini semua gara" waktu itu -hiks-

gw tau lo sring ke salon -joker-

--Juliete--
06-26-2008, 12:23 PM
cantengan tu yang kek gimana si?
aq baca tetep gk kebayang kk cc.
ada putu na gk?

Cara™
06-28-2008, 09:07 PM
akhirnya ditutupin pakai kutek warna warni >.<

abis memarnya karena kejepit meja >.<

pas seminggu sakit sekali deh, apalagi kalau jalan, sekarang jd hitam -hiks-

nutupin pake sepatu atau kutek aja de -hiks-

itsMeBramZ
07-07-2008, 08:54 PM
duh..

cantengan gw kgk sembuh" ini

-hiks-

Lumpia-
07-07-2008, 09:22 PM
ouh, bahasa indo nya cantengan to??
klo bhs jawanya pumulen (@_@)
klo aye dl sering" rendam pake air panas n ditambah garem
(air panasnya sesuai kekuatan anda buat nahan tuh kaki di rendaman)

itsMeBramZ
07-11-2008, 09:32 AM
klo nempel di kuku sih emng bisa ilang ..

dengan cara d gunting trus...

btw,cantengan gw kgk sembuh" :hiks2:

~MoNiFa~
07-11-2008, 12:05 PM
wew periksa ke dokter aja kk..

takud berbahaya ke tubuh lainnya... :takut:

itsMeBramZ
07-11-2008, 12:08 PM
iah cc..

rencana tar malem mau ke dokter..

bagus na ke dokter umum ataw apa yah ?

jempol gw dah ampe bengkak ini (amfun)

~MoNiFa~
07-11-2008, 12:16 PM
ke dokter spesialis aja... trus minta rujukan baiknya ke dokter mana.. biasanya sih di rujuk ke dokter kulid

itsMeBramZ
07-11-2008, 12:22 PM
owh gtu yah...

tp ke dokter spesialis apaan?

kan banyak cc (@_@)

(swt)

~MoNiFa~
07-11-2008, 12:26 PM
specialis dalam dulu....

ada keluhan dalam tubuh ga?? kalo ada kesana

kalo engga mending langsung specialis kulid dan kelamin..

jangan takudlah... demi kesehatan ini

mahal loh (hihi)

itsMeBramZ
07-11-2008, 12:34 PM
ah gk ada keluhan gw...

heuheuhe,gw takut na klo kuku harus di cabut :hiks2:

mahal yah cc?
kira" brp ?

~MoNiFa~
07-11-2008, 12:36 PM
g akan langsung di cabud...

di cek dulu lah separah apa...

paling di kasih anti biotik, salep deh...

harga relatif ya.. kalo di bandung ga nyampe 100k kok..

yang mahal obatnya

itsMeBramZ
07-11-2008, 12:42 PM
owh gtu yah...

tar malem brarti harus ke dokter..

sengsara jg.klo pk sepatu sakit na minta ampun aapa lg ke injek org..
(amfun)

Bellaiueo
07-17-2008, 11:05 PM
]
owh gtu yah...

tar malem brarti harus ke dokter..

sengsara jg.klo pk sepatu sakit na minta ampun aapa lg ke injek org..
(amfun)

yeh kk cantengan gag cantengan klo keinjek org ya skt lah -happy-
hihihi

[ itsMeBramZ-Inside ]
07-18-2008, 04:13 PM
aaaaaaaaaaaaa (amfun)

brita buruk,kmrn gw ke dokter katanya kuku gw hrs di cabut...

supaya kgk kambuh" lg.

trus katanya gk sakit,cmn di suntiknya doank sakitnya minta ampun kata dokternya.

:hiks2:

Finocchio
11-21-2009, 01:00 PM
gua udah lama ngga sembuh2 @swt@

Im The Doctor
01-13-2010, 04:00 PM
cantengan bisa d operasi koq,,
biayanya paling cuma 60rb,
kl gw mah gratis 'joker'

kl saya kasih tau prosesnya, pasti akan mengurungkan niat anda 'joker'
keputusan di tangan anda, ingin sembuh tapi sakit dlu ato ga sakit sekarang tapi tiap 2mgg sakit lagi.