+ Reply to Thread
Page 1 of 2 1 2 LastLast
Results 1 to 20 of 35

Thread: Cara mendapatkan gigi sehat

  1. #1
    Banned
    This user has no status.
     
    ----
     
    -VanZ- Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    1,125
    Post Thanks / Like

    Cara mendapatkan gigi sehat

    Gigi yang cantik tak saja membuat senyum menjadi lebih indah, tapi juga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Selain memiliki gigi sehat dan bersih, penampilan yang lebih baik akan membantu kepercayaan diri seseorang terutama dalam bersosialisasi.

    Untuk mendapatkan gigi cantik ada beberapa cara yang bisa ditempuh:

    1. Pemutihan (whitening),metode ini dilakukan untuk memutihkan gigi kuning, hitam atau kusam. Gigi menghitam bisa terjadi akibat infeksi, trauma atau sarafnya mati. Untuk mengembalikannya ke warna semula perlu dilakukan perawatan saraf gigi lebih dulu.

    Gigi hitam bisa diputihkan lagi dengan cara internal bleaching yaitu pemutihan dari dalam gigi. Setelah perawatan saraf selesai, suatu gel dimasukkan ke dalam saluran akar gigi yang sengaja dilubangi. Gel inilah yang akan bekerja memutihkan gigi dalam waktu 1-6 hari. Lalu gel akan dilepas dan gigi ditambal seperti biasa.

    Umumnya whitening dibagi menjadi dua yaitu in office dan home whitening. In office yakni tindakan pemutihan gigi dilakukan di klinik gigi yang bisa dilakukan dengan maupun tanpa disinar. Permukaan gigi dilapisi gel, lalu pasien diminta memakai cetakan (tray) gigi selama 1-2 hari. Saat tray dilepas, gigi akan terlihat lebih putih dibanding sebelumnya. Hasil in office lebih cepat terlihat dibanding home whitening karena menggunakan gel dengan tingkat konsentrat lebih tinggi.

    Hasil ini akan lebih baik bila dilanjutkan dengan home whitening agar hasilnya lebih permanen dan tingkat keputihannya tak cepat pudar. Home whitening yaitu proses pemutihan gigi dilakukan di rumah. Setelah tray gigi dibuat di klinik, proses pemutihan bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya tray dipakai selama 8 jam setiap hari selama 8-10 hari tergantung dari tingkat kekusaman warna gigi. Untuk gigi abu-abu atau sangat kusam waktu pemakaian lebih lama.

    Sebaiknya pasien masih perlu kontrol ke dokter gigi agar diketahui bila ada keluhan linu. Setelah 2-3 tahun proses whitening bisa diulangi lagi. Pantangan usai whitening jangan mengonsumsi makanan dan minuman berwarna misalnya soft drink, teh atau kopi agar warna gigi tak cepat pudar.

    2. Crown, pada kerusakan gigi depan yang cukup parah misalnya gigi patah atau tak bisa lagi ditambal karena lubang sudah terlalu luas, metode crown (selubung gigi) bisa dilakukan. Bila kondisi gigi dinyatakan sehat saat itu juga crown bisa dipasang. Awalnya gigi akan dipasangi crown, dikecilkan di seluruh bagian lalu dipasangi crown sementara.

    Seminggu kemudian crown permanen dipasang. Agat tak terlihat palsu dan berbeda warna crown harus sama dengan gigi aslinya. Pembuatan crown yang bagus akan sulit dibedakan dari gigi aslinya baik secara warna maupun bentuk. Meski kekuatan crown sama dengan gigi asli dan tak ada pantangan setelah crown dipasang, akan tetapi disarankan agar tetap berhati-hati saat mengunyah.

    3. Porcelain Venner, merupakan metode melapisi gigi dengan porselen. Gunanya antara lain mengatasi kerusakan gigi atau lubang yang luas atau gigi renggang tapi sulit dirapatkan. Caranya agak mirip dengan crown, hanya saja dikecilkan cuma lapisan depan gigi yang rusak. Lalu gigi dicetak dan dikirim ke laboratorium untuk dibuatkan cetakan permanennya. Setelah jadi, cetakan porselen dipasangkan ke gigi yang rusak. Porcelain venner hanya bisa memperbaiki kondisi keruwetan (crowding) gigi ringan.

    Prosedurnya sama dengan crown, gigi dikecilkan dulu lalu dibuatkan veneer plastik untuk dibuat gigi sementara. Lalu gigi dikirim ke laboratorium dan seminggu kemudian veneer porselen bisa dipasang. Setelah porselen dipasang harus lebih hati-hati menggigit dengan gigi depan. Pemasangan ini dilakukan dalam 2-3 kali kunjungan.

    4. Penambalan, metode ini untuk menambal gigi pasien yang berlubang atau cuil. Bisa juga untuk memperbaiki tambalan, bila yang sudah ada ternyata sangat mencolok sebagai hasil tambalan. Umumnya menambal gigi depan harus memperhatikan unsur estetika, karena letaknya yang sangat mempengaruhi penampilan.

    Sehingga penambalan tak bisa dilakukan begitu saja. Tambalan harus dilakukan dengan
    mengikuti anatomi, warna dan bentuk awal gigi. Sebab gigi punya proporsi panjang dan lebar. Sehingga usai ditambal gigi terlihat natural. Tambalan yang dilakukan secara asal bisa membuat warnanya cepat pudar dan gigi tak cantik secara estetika.

    Selain itu giginya juga tidak licin, sehingga sisa makanan mudah terselip di antara tambalan. Namun penambalan pada gigi depan yang dilakukan dengan alat-alat yang sekarang bisa menghasilkan tambalan sealami mungkin. Di samping tambalan dengan bahan biasa, ada pula tambalan inlay yaitu tambalan pada kerusakan gigi belakang.

    Selain metal, tambalan inlay juga ada yang menggunakan porselen. Tambal gigi bisa selesai dalam sekali kunjungan dan lama tindakan kurang dari satu jam. Ada juga tambalan venner (pelapisan gigi). Caranya mirip dengan tambalan biasa hanya seluruh permukaan giginya ditambal dengan venner. Lapisan gigi terluar diambil lalu gigi ditambal dengan venner. Berbeda dengan porselen yang jika rusak harus diulang dari awal, tambalan venner dibisa dibetulkan.

    5. Cosmetic Conturing, metode ini membentuk gigi asli menjadi lebih baik dengan cara diasah. Misalnya gigi yang terlalu lebar pada perempuan yang mengesankan penampilan tidak feminim, ujung bawahnya berbentuk tajam atau berbeda panjangnya. Umumnya gigi perempuan terlihat lebih ramping dari pria. Tindakan ini dikerjakan kurang dari satu jam dan bisa langsung selesai dalam sekali kunjungan. Yang menyenangkan selain membuat gigi lebih cantik, tak ada pantangan setelah melakukan perawatan ini.
    * drg Rahmawati (ags)

    Sumber : Waspada Online
    [center] MEROKOK DAPAT MENYBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN <br /><br />[url=http://ivans3ptian.blogspot.com/]:cuek:<br />Mampir Blog gw ya [/url]<br />[/center]

  2. #2
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    kk nanya dong..

    itu yg bleeching yg harus d lakukan perawatan saluran akar
    berarti giginya uda nonvital yah ?
    dan itemnya itu bkn krn kopi rokok gt dong, krn emg giginya uda mati/nonvital

    hmmm....
    trs klo gigi yg msh vital berarti cukup pake gel dgn tray itu yah ?
    hahaq gilooooo pake tray 8 jam ..
    da ky mo maen tinju..

  3. #3
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    o-ChoCo--YuMi-o Masih Tahap Guest o-ChoCo--YuMi-o's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    5,669
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    tray tuh kek gmn ya?
    forum baru

  4. #4
    ~Poster Idol~
    This user has no status.
     
     
    Bellaiueo Masih Tahap Guest Bellaiueo's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    PC Desk
    Posts
    2,309
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    meneketehe
    bwad maen tinju??
    mungkin pelindung gigi itu yaa?

  5. #5
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    aduh...

    tray tu ...

    nih !!


    yg ini nmnya stock tray , mksdnya tray yg uda jadi dan ada d pasaran..
    ada lg individual tray, cm bs 1 org aj krn d cetak langsung dr orgnya..

  6. #6
    ~Poster Idol~
    This user has no status.
     
    ----
     
    VeRmilLioN ClouDzZ Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    1,802
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Sikat gigi 3x sehari hrs dilakukan sejak usia dini
    [size=14pt]<br />~ 2012 ~<br /><br />[/size]

  7. #7
    ~Regular Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Oo-- sTev vs JesS --oO Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    294
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    aku kalo sikat gigi cm 1x doank sehari.. Kalo maw berangkat skola doank..
    In Memorial..<br /><br />End..

  8. #8
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Quote Originally Posted by s t [ e
    v - ]
    aku kalo sikat gigi cm 1x doank sehari.. Kalo maw berangkat skola doank..
    woghhhhhhhhh..

  9. #9
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    4rY4 Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    372
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    lho kok kk cloud ngmg nya 3x sehari y..??
    wa cuma 2x..
    bukannya 2 x y??
    [center][Font=papyrus][size=14pt]&nbsp;<br />~Prince Diamond Dragon~<br /><br />Kingdom&nbsp; of&nbsp; the Dragon <br />vakum sementara... bentar lgi ulumm..<br /><br />[hr]<br /><br />[size=15pt]semangat 45 buat maen AD lgi!!.. [/size]

  10. #10
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    o-ChoCo--YuMi-o Masih Tahap Guest o-ChoCo--YuMi-o's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    5,669
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Quote Originally Posted by GIRL~AikoJAVs
    aduh...

    tray tu ...

    nih !!

    yg ini nmnya stock tray , mksdnya tray yg uda jadi dan ada d pasaran..
    ada lg individual tray, cm bs 1 org aj krn d cetak langsung dr orgnya..
    owh...

    ic.. ic...

    enakan nyetak dr gigi sndri dong ya...
    forum baru

  11. #11
    ~Novice Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    ~VanZ~ Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    59
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    ya cara paling gampang seh sikat2 gigi 2x sehari...'

    saat mandi~
    MEROKOK DAPAT MENYBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

  12. #12
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Quote Originally Posted by ~VanZ~
    ya cara paling gampang seh sikat2 gigi 2x sehari...'

    saat mandi~
    tp sbnrnya sikat gigi itu ga cukup loh,

    apa lg kan pembentukan plak itu cepet bgt, apa lg kan kita dr pagi sampe mlm jaraknya jauh bgt

    mknya plak pasti ada tp plak ilang ko klo d sikat..

    tp klo pas mlm itu lupa d sikat bs jd karang gigi even gigi bolong..

  13. #13
    ~Poster Idol~
    This user has no status.
     
     
    Bellaiueo Masih Tahap Guest Bellaiueo's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    PC Desk
    Posts
    2,309
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    2x gk ckp
    3x ckp gk?

  14. #14
    ~Pro Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    ~Killua-cute~ Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    1,351
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    sekalian aja 4x
    gi" ku ga sehat lg

  15. #15
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    /\

    yaaa klo mao yg biasa2 aja sih 2x aja cukup..

    mao 10x jg klo nyikatnya asal2an yaa sm aja, toh pasti plak msh nempel..

  16. #16
    ~Poster Idol~
    This user has no status.
     
    ----
     
    ~!! CoeL !!~ Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    1,794
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    hmmm.... kalo gigi yang udah bekas tambal... terus gigi bawahnnya jadi tamba item gitu...

    blom item" amat sih... kadang" juga terasa sakit.. itu npe yah ?
    [center] [b] bawel nih yang ganti ganti siggy gw

  17. #17
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Quote Originally Posted by ~!! CoeL !!~
    hmmm.... kalo gigi yang udah bekas tambal... terus gigi bawahnnya jadi tamba item gitu...

    blom item" amat sih... kadang" juga terasa sakit.. itu npe yah ?
    eww~
    mksdnya gigi yg bekas d tambel itu jd item2 ?
    bekas d tambel ? brati tambelannya uda ****t gt ?
    trs lobangnya kebuka gt ?

  18. #18
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    -T-SuncLaiDe-Sc Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    386
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Klo ditambel gk sepenuhnya sehat giginya ya...

    Mending cabut ajah deh.....
    [center][size=18pt]&lt;TeeNs-SchooLaR&gt;[/size]<br />[b][size=14pt]&lt;-HeadMasteR-&gt;[/size][b]

  19. #19
    ~Senior Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    GIRL~AikoJAVs Masih Tahap Guest
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    709
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Quote Originally Posted by -T-SuncLaiDe-Sc
    Klo ditambel gk sepenuhnya sehat giginya ya...

    Mending cabut ajah deh.....
    wee..
    jgn cabut duyu kk...
    prinsip ngerawat gigi itu pertahankan jaringan yg sehat, jd selama gigi bolongnya msh bs d tambel ya tambel,
    dan klo tambel biasa ga bs ya d tambel inlay-uplay..

    klo ga bs jg krn uda terlalu gede lobang ya di bikinin veneer crown yg ky kk vanz blg
    pake porcelen veneer..
    klo bner2 uda mati giginya, itu pun msh bs d pertahanin pake perawatan saluran akar..

    pokonya selama giginya msh bs d pertahanin ya d pertahanin..

    soalnya klo msh muda gigi uda ompong,
    gigi bakalan geser2 ntar jdnya renggang2..
    bahkan bs jd misal yg d cabut gigi graham bawah, nah gigi atasnya bs turun krn ga ada kontak sm gigi bawahnya..


  20. #20
    ~Regular Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Oo-- sTev vs JesS --oO Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    294
    Post Thanks / Like

    Re: Cara mendapatkan gigi sehat

    Quote Originally Posted by GIRL~AikoJAVs
    woghhhhhhhhh..
    wakakkakaka...
    tp skrng udah kaga kok..
    In Memorial..<br /><br />End..

+ Reply to Thread
Page 1 of 2 1 2 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts