+ Reply to Thread
Results 1 to 8 of 8

Thread: [Info] Tentang Telinga, Hidung n Mulut

  1. #1
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Laventheit Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    6,001
    Post Thanks / Like
    Achievements

    [Info] Tentang Telinga, Hidung n Mulut

    Benda Asing Bersarang di Telinga

    Serangga, Tetesi Minyak Goreng

    ANDRI, 30, sedang membersihkan telinganya memakai cotton bud. Tiba-tiba, kapas berbentuk bulat yang berada di ujung cotton bud lepas dan tertinggal di dalam liang telinga. Karena panik, dia berusaha mengambil kapas itu dengan mengurek-ureknya.

    Bukan kapas yang keluar. Sebaliknya, kapas makin masuk hingga tidak bisa dikeluarkan. Rasa nyeri pun terasa sehingga Andri harus ke spesialis THT (telinga, hidung, tenggorok) untuk mengambil kapas.

    ''Jangan panik ketika ada benda asing masuk ke telinga. Jangan lakukan tindakan apa pun,'' tutur dr Wiyono Hadi SpTHT.

    Spesialis THT dari RS PHC Surabaya itu menambahkan, usaha mengambil barang asing sendiri bukan solusi yang tepat. Sebab, hal tersebut justru memperparah keadaan. ''Mengurek-ureknya malah membuat benda asing makin masuk,'' tuturnya. Apalagi, tambah dia, tindakan tersebut membuat luka di telinga dan bengkak. Jika kondisinya sudah begitu, si penderita akan mengalami nyeri. ''Penanganannya lebih sulit,'' ucapnya.

    Spesialis THT, kata Wiyono, memiliki dua ''strategi'' mengeluarkan benda asing yang masuk ke telinga. Yakni, menggunakan alat pengait khusus dan spooling. Cara terakhir dengan menyemprotkan air hangat ke dalam telinga dengan spuit atau alat penyemprot khusus. ''Pengait digunakan jika masih ada celah di sekitar telinga. Sebaliknya, jika lubang telinga tertutupi, dibutuhkan spooling,'' tuturnya.

    Wijono menambahkan, pertolongan pertama berbeda bila benda asing yang masuk adalah makhluk hidup. Misalnya, serangga. Tindakan yang harus dilakukan adalah membunuh binatang tersebut agar tidak banyak bergerak di dalam telinga. ''Sebab, kalau bergerak terus, ia dapat melukai dalam telinga,'' ungkapnya.

    Pembunuhan serangga itu tentu bukan dengan obat semprot pemberantas serangga. Wijono menganjurkan menetesi telinga dengan minyak goreng. Minyak jenis itu di setiap rumah pasti ada. Selain sifatnya kental yang dapat mematikan serangga, minyak goreng juga tidak menimbulkan iritasi. ''Jangan gunakan minyak tanah, minyak tawon, atau lainnya. Sebab, itu dapat menimbulkan iritasi dan dampaknya infeksi,'' tandasnya.

    Setelah serangga mati, ujar Wijono, segeralah ke dokter THT untuk mengeluarkannya. Seperti kemasukan benda asing, pengambilannya dapat dengan alat pengait atau spooling. ''Sekali lagi, jangan melakukan tindakan sendiri,'' jelasnya.

    Khusus anak, orang tua harus sering membersihkan telinga buah hatinya. Bila kemasukan benda asing di telinga, tentu saja anak jadi tak bisa mendengar. Namun, anak biasanya tak melaporkan keluhannya sebelum timbul keluhan nyeri akibat infeksi di telinga tersebut.

    Lama-lama telinganya berbau. Jika hal itu terjadi, orang tua patut mencurigainya kemungkinan kemasukan benda asing. ''Jangan menanganinya sendiri, karena benda asing tadi malah melesak ke dalam. Hal ini berkaitan dengan anatomi liang telinga yang berlekuk. Belum lagi di sana banyak saraf-saraf dan bisa terjadi luka,'' tegasnya.
    [size=10pt] &quot;clearly there have ben times in your life, that made you wish to destroy everything&quot; <br /><br />[color=limegreen] <br />[size=10pt]&gt;&gt; &lt;&lt; &gt;&gt; and it&#39;s pronounced like x not z x-a-vee-er thanky ^ ^&nbsp;&nbsp;

  2. #2
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Laventheit Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    6,001
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: [ Tips ] Benda Asing Bersarang di Telinga

    Pilih Cotton Bud Berdiameter Kecil

    PEMBERSIHAN telinga dengan cotton bud sering dilakukan oleh awam. Meskipun tidak bisa membersihkan keseluruhan telinga, alat yang keduanya ditutupi kapas itu lebih aman digunakan daripada alat lain. Misalnya, menggunakan bulu ayam ataupun peniti.

    ''Lebih baik jangan menggunakan alat yang ujungnya tajam. Ini berpotensi melukai,'' jelas dr Wiyono Hadi SpTHT, spesialis telinga hidung dan tenggorok, dari RS PHC Surabaya.

    Dia juga menganjurkan memilih cotton bud yang berkualitas. Dengan demikian, kapasnya tidak mudah lepas. Selain itu, ukuran kapas lebih kecil dari diameter liang telinga. ''Jika diameternya sama dengan liang telinga, akan mendorong kotoran lebih dalam ke gendang telinga,'' ucapnya.

    Kotoran itu kemudian menumpuk dan membatu. Apalagi kalau jenis kotorannya kering dan keras yang berpotensi mengganggu pendengaran. Kalau diketahui ada kotoran yang sudah mengeras di dekat gendang telinga, pemeriksaan harus segera dilakukan ke dokter ahli THT. Biasanya, dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10 persen) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. ''Infeksi yang barangkali timbul lantaran iritasi kotoran itu diatasi dengan pemberian antibiotik,'' tuturnya.

    Di samping bisa mengakibatkan infeksi, kotoran membatu tersebut bakal mengakibatkan telinga terasa sakit atau agak tuli setelah berenang. Sebab, air yang masuk akan terhalang keluar. Bahkan, kalau lubang telinga yang tersumbat hanya sebelah, akibatnya adalah vertigo (mumet), terutama bila berenang di air dingin.

    Gangguan pada telinga yang tersumbat kotoran bisa juga muncul saat naik pesawat udara. Penyebabnya, udara yang masuk pada saat tekanan tinggi tidak dapat keluar dengan leluasa. ''Akibatnya, telinga terasa sakit, bahkan yang paling mengkhawatirkan ialah gendang telinga pecah,'' tambahnya.
    [size=10pt] &quot;clearly there have ben times in your life, that made you wish to destroy everything&quot; <br /><br />[color=limegreen] <br />[size=10pt]&gt;&gt; &lt;&lt; &gt;&gt; and it&#39;s pronounced like x not z x-a-vee-er thanky ^ ^&nbsp;&nbsp;

  3. #3
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Laventheit Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    6,001
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: Gangguan di Telinga

    Grebek-Grebek, Awas Oklusi Tuba

    Telinga kadang tiba-tiba seperti tersumbat. Suara tidak terdengar jelas dan timbul bunyi gerebek-gerebek. ''Kondisi itu bisa terjadi bila saluran tuba tertutup atau oklusi tuba,'' kata dr Bakti Surarso SpTHT, spesialis penyakit THT RSU Graha Amerta.

    Oklusi tuba bisa timbul karena beberapa penyebab. Di antaranya pilek, infeksi hidung, dan infeksi adenoid (derah belakang hidung). ''Alergi (hidung buntu, bersin-bersin) bisa juga menyebabkan gangguan ini. Demikian juga tumor,'' tutur dr Irwan Kristyono SpTHT-KL, spesialis THT dan Bedah Kepala Leher RSU dr Soetomo.

    Saluran tuba adalah saluran yang menghubungkan hidung dengan telinga bagian dalam. ''Saluran tuba punya dua fungsi, yakni ventilasi dan drainase,'' kata Irwan.

    Yang dimaksud ventilasi adalah menyalurkan udara dari hidung ke cavum timpani (telinga bagian dalam). Udara (oksigen) itu diperlukan sel-sel di cavum timpani. ''Jika terjadi pembengkakan tuba, udara jadi tidak bisa masuk dan cavum timpani akan kekurangan udara,'' imbuh Bakti.

    Akibatnya, terjadi perbedaan tekanan udara antara bagian luar dan bagian dalam telinga. Tekanan udara di luar lebih besar daripada di dalam. Dampaknya, udara mendorong ke dalam telinga. ''Susunan bagian dalam telinga, termasuk tuba, tidak bisa bergerak. Jadi, yang tertarik gendang telinga. Akibatnya, kualitas pendengaran menurun. Rasa nyeri bisa timbul bila tarikan gendang telinga itu sangat keras,'' imbuh Irwan.

    Sedangkan yang dimaksud fungsi drainase adalah menyalurkan cairan dari cavum timpani ke tenggorokan. ''Jumlah cairannya sangat sedikit, tapi bermanfaat untuk menggelontor kotoran yang dilewati cairan tersebut,'' tutur Irwan. Jika saluran tuba tersumbat, cairan dari cavum timpani tidak bisa keluar dan menumpuk di daerah itu.

    Cara mengatasinya? Bila terjadi oklusi tuba, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah memaksa tuba membuka. Caranya bisa dengan menguap, mengunyah, atau menelan. ''Perbanyak minuman hangat dan jauhi minuman dingin,'' saran dr Bakti Surarso.

    Setelah itu, segera berobat ke dokter. Dokter mungkin memberikan obat minum atau tetes hidung yang mengandung decongestan. ''Obat tetes hidung bisa terasa pahit sekali,'' kata dr Irwan Kristyono. Dikatakannya, obat ini biasanya diberikan kepada orang yang akan naik pesawat dalam jarak dekat. Sebab, efeknya hanya sebentar.

    Jika oklusi tuba tidak segera diobati, cairan yang dihasilkan cavum timpani jadi tidak bisa keluar. Lama-lama cairan itu akan mengental dan mendorong gendang telinga. ''Gendang telinga bisa pecah,'' tutur Bakti.

    Untuk mencegah itu, dilakukan parasintesis. Gendang telinga dilubangi supaya cairan dapat keluar. Menurut Irwan, itu lebih baik daripada gendang telinga sobek sendiri. Dengan perhitungan yang tepat, gendang telinga akan pulih dalam hitungan minggu. Dalam kasus tertentu, gendang telinga dilubangi lalu dipasangi gromed, cincin dari silikon. ''Fungsinya menjaga agar lubang tidak menutup dan cairan bisa keluar,'' kata Irwan.
    [size=10pt] &quot;clearly there have ben times in your life, that made you wish to destroy everything&quot; <br /><br />[color=limegreen] <br />[size=10pt]&gt;&gt; &lt;&lt; &gt;&gt; and it&#39;s pronounced like x not z x-a-vee-er thanky ^ ^&nbsp;&nbsp;

  4. #4
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Laventheit Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    6,001
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: [Info] Tentang Telinga, Hidung n Mulut

    Benda Asing Sering Masuk ke Hidung

    Anak Jadi Pilek Berkepanjangan


    JANGAN sepelekan bila anak pilek tak kunjung sembuh. Apalagi, bila disertai hidung berbau. Ada kemungkinan hidung anak terinfeksi.

    ''Salah satu penyebab infeksi yang tak diduga adalah hidung tertusuk atau kemasukan benda asing,'' kata Dr dr Nyilo Purnami SpTHT-KL. Lebih lanjut, spesialis telinga hidung tenggorok-kepala leher dari RSU dr Soetomo, Surabaya, itu mengatakan, kejadian tersebut sering dialami anak-anak. ''Bukan kejadian langka. Saya sendiri tidak tahu mengapa hidung tertusuk atau kemasukan benda asing tersebut,'' jelasnya.

    Ada satu pertanda bahwa anak menderita infeksi akibat tertusuk atau kemasukan benda asing. Yakni, pilek hanya pada satu hidung yang tertusuk atau kemasukan benda asing. Pada bagian hidung itu pula muncul bau tak sedap. ''Kalau akibat kuman, kan pilek pada dua hidung sekaligus. Tandanya, hidung tersumbat atau keluar ingus terus,'' papar Nyilo.

    Selain itu, mungkin terjadi mimisan (keluar darah dari hidung), penciuman atau pembauan terganggu, serta sinusitis. Bahkan, lanjut Nyilo, bisa saja pasien mengeluh sering tersedak. Sebab, benda asing tersebut hampir menutup jalan napas.

    Kejadian infeksi itu sering tak terdeteksi orang tua. Anak pun tak berani berterus terang. ''Tahu-tahu, anak mimisan dan hidungnya bau. Setelah diperiksa, hidung mengalami infeksi akibat benda asing,'' kata alumnus FK Unair itu.

    Nyilo kerap menemukan benda asing tersebut tak spesifik. Mulai gulungan kertas, karet penghapus, kerikil, atau salah satu bagian mainan ''bersarang'' di lubang hidung. Ada juga infeksi karena sodokan pensil atau bolpoin yang tak sengaja dimasukkan ke hidung.

    Penanganannya, kata dia, bergantung jenis benda asing. Jika benda asing tersebut berbahan lunak, seperti nasi, gulungan kertas, tisu, bisa dikeluarkan dengan diisap. ''Bila bahan keras, harus dikeluarkan dengan alat pengait khusus,'' ujarnya. ''Tapi, jangan ditangani sendiri. Sangat berbahaya,'' lanjutnya. Sebab, penanganan yang kurang tepat berisiko memperlebar ruang infeksi.

    Hidung Luka, Stop Inhaler

    Ngupil alias membersihkan hidung sungguh mengasyikkan. Bila bulu hidung tercabut berisiko luka. ''Padahal, luka sekecil apa pun bisa menjadi tempat masuknya kuman,'' kata dr Dwi Reno Pawarti SP THT-KL, staf dokter Poliklinik THT-KL RSU dr Soetomo.

    Sebenarnya, upil (kotoran hidung) kering itu mungkin saja selubung luka yang baru saja sembuh. Dampaknya, infeksi. ''Infeksi berupa bisul dan terasa nyeri. Penanganannya, perlu insisi abses oleh dokter,'' kata dr Sri Harmadji SpTHT-KL, dari RS yang sama. Selain itu, saat terjadi infeksi, Dwi menyarankan menghindari bau-bauan yang menyengat. Termasuk, inhaler pereda hidung buntu. Pemakaian bahan tersebut rawan merangsang luka yang memperlambat penyembuhan.
    [size=10pt] &quot;clearly there have ben times in your life, that made you wish to destroy everything&quot; <br /><br />[color=limegreen] <br />[size=10pt]&gt;&gt; &lt;&lt; &gt;&gt; and it&#39;s pronounced like x not z x-a-vee-er thanky ^ ^&nbsp;&nbsp;

  5. #5
    ~Grand Poster~
    This user has no status.
     
    ----
     
    Laventheit Masih Tahap Guest
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    6,001
    Post Thanks / Like
    Achievements

    Re: [Info] Tentang Telinga, Hidung n Mulut

    Kemasukan Air Hujan, Telinga Rawan Infeksi

    KONDISI telinga patut dijaga pada musim hujan begini. Usahakan air hujan tidak masuk ke telinga. Sebab, air hujan bisa menjadi salah satu penyebab infeksi telinga, terutama pada bagian luar.

    Menurut dr Cherie R. Hutama SpTHT-KL, air hujan menjadi media pembawa virus dan bakteri. Kemudian, kata dia, liang telinga yang sering kemasukan air menjadi lembap. ''Hal itu membuat mikroba yang tidak menguntungkan tumbuh dengan baik,'' jelas spesialis telinga, hidung, tenggorok, kepala, dan leher dari RS Mitra Keluarga Surabaya itu.

    Dia menambahkan, dalam liang telinga terdapat rambut getar. Fungsinya, menahan serta mengeluarkan kotoran. Arah getar rambut, menurut dia, dari dalam ke luar. ''Jika basah, rambut menjadi lengket, sehingga kotoran mengumpul dan tidak bisa keluar,'' paparnya.

    Infeksi pada telinga luar, kata Cherie, bakal timbul ketika ada lecet atau trauma di bagian itu. Misalnya, kebiasaan mengorek-ngorek telinga. ''Begitu ada luka, peluang infeksi sangat besar jika terkontaminasi air hujan,'' tegasnya.

    Nah, orang yang sedang mengalami infeksi telinga bagian tengah hendaknya menghindarkan masuknya air hujan. Apalagi, infeksi itu biasanya diiringi kerusakan gendang telinga. ''Infeksi terpicu karena mengorek-korek telinga terlalu dalam,'' tuturnya.

    Begitu infeksi, kata dia, dalam masa penyembuhan telinga, pasien harus terhindar dari masuknya air. ''Sebab, butuh waktu empat hingga enam minggu untuk penutupan kembali gendang telinga,'' jelasnya.

    Cherie mengungkapkan, orang dewasa hanya memiliki waktu terbatas agar gendang menutup alami. Setelah lewat tiga bulan, gendang telinga akan terbuka permanen. ''Misalnya, infeksi sampai tiga bulan dibiarkan. Begitu juga saat pemulihan, gendang belum menutup sudah luka lagi,'' ujarnya.

    Pada anak-anak berusia kurang dari 12 tahun, kata dia, fungsi regenerasi gendang telinga lebih baik. Upaya penutupan gendang telinga berlubang hanya dengan transplantasi. Yang diambil kulit liang telinga. ''Seperti operasi transplantasi lain, peluang untuk gagal besar. Mungkin saja diperlukan operasi berulang-ulang,'' tegasnya.
    [size=10pt] &quot;clearly there have ben times in your life, that made you wish to destroy everything&quot; <br /><br />[color=limegreen] <br />[size=10pt]&gt;&gt; &lt;&lt; &gt;&gt; and it&#39;s pronounced like x not z x-a-vee-er thanky ^ ^&nbsp;&nbsp;

+ Reply to Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts